RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

A. Identitas
Satuan Pendidikan : SMA Negeri
Mata Pelajaran :
Pendidikan pancasila dan kearganegaraan
Kelas/Semester :
XI/
1 (Ganjil)
Materi Pokok :
peranan pers dalam masyarakat demokrasi
Alokasi Waktu :
2
jam pelajaran (1 pertemuan)
B. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukka sikap sebagai bagian dari solus atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasar-kan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerap-kan pengetahuan prose-dural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minat-nya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
C. Kompetensi
Dasar
1.1. Menyadari
adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME
dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran
kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan
fakta dan opini, ulet, teliti,
bertanggung jawab, kritis, kreatif,
inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan
serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2. Menunjukkan
perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta
hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3. Menunjukkan
perilaku responsif, dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan
memecahkan masalah dan membuat keputusan.
3.1.
menggumpulkan contoh-contoh dampak negati dibedakan secara internal dan
eksternal
3.1. mengevaluasi mamaat media massa dalam
kehidupan sehari-hari
D. Indikator
1. Mengagungkan kebesaran Tuhan YME
2. Menyadari bahwa ketentuan yang ditetapkan oleh Tuhan YME adalah
yang terbaik untuk semua ciptaan-Nya.
3. Rasa Ingin tahu
4. Menjelaskan penyalahgunaan
kebebasan pers
5. Menjelaskan dampak
negatip secara internal dan eksternal
6. mengumpulkan
contoh-contoh dampak negatip penyalahgunaan kebebasan pers
7. Mengevaluasi manaat
media massa dalam kehidupan sehari-hari.
E. Tujuan
Pembelajaran
1. Menumbuhkan
kesadaran diri akan keagungan Tuhan YME.
2. Menumbuhkan
kesadaran akan ketetapan Tuhan YME merupakan ketetapan yang terbaik untuk
kehidupan umat manusia melalui kegiatan mengamati tayangan video atau animasi dan
kegiatan latihan kelompok/individu yang imajinatif.
3. Mengembangkan
perilaku rasa ingin tahu, teliti, tekun/ulet dan saling menghargai pendapat
melalui kegiatan diskusi kelompok, tanya jawab dan penugasan individu.
4. Melalui
diskusi dan latihan, siswa dapat menjelaskan pengertian senyawa hidrokarbon
5. Melalui
diskusi dan latihan, siswa dapat menyebutkan
penyalahgunaan kebebasan pers
6. Melalui
diskusi dan latihan, siswa dapat mendeskripsikan
aktor penyebab kesalahgunaan kebebasan pers
7. Melalui
diskusi dan latihan, siswa dapat menjelaskan dampak negatip secara internal dan eksternal
F. Materi
1. kebebasan pers
2. paktor penyebab
kesalahgunaan pers
3. bentuk-bentuk penyalahgunaan
kebebasan pers
4. dampak negatip secara
internal dan eksternal
5. dampak
negatip dan positip penyalahgunaan kebebasan pers
6.
manapaat media massa dalam kehidupan sehari-hari
G. Strategi Pembelajaran
Model : SOCT (Structure Oriented
Chemistry Teaching)
Pendekatan : Lingkungan
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab
H. Media
dan Sumber Belajar
1. Media :
Papan tulis, laptop, LCD, dan Infokus
2. Sumber Belajar : suprapto (2007) buku
pendidikan kearganegaraan SMA/MA kelas XII penerbit Bumi Aksara
2. budiyanto (2007) buku pendidikan kearganegaraan untuk
SMA kelas XII penerbit Erlangga
I. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
a. Guru mengucapkan salam kepada siswa dengan senyum yang bersahabat/
komunikatif;
b. Guru mengajak siswa berdoa bersama sesuai keyakinan masing-masing;
c. Guru memeriksa kehadiran siswa;
d. Guru melakukan apersepsi dan memotivasi siswa dengan cara
mengajukan pertanyaan tentang bahan-bahan apa saja yang dipergunakan/ ditemui dalam
kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan senyawa karbon;
e. Guru menyampaikan materi pembelajaran, tujuan pembelajaran yang
harus dicapai siswa dan kegiatan pembelajaran hari ini;
f. Siswa diminta duduk bersama kelompoknya masing-masing.
2. Kegiatan
Inti (60 menit)
a. sisa
dibagi 4 kelompok secara heterogen
b. tiap kelompok diberi
LKS dan ditentukan materi untuk dipelajari dalam kelompok dan membuat ringkasan
materi yang dipelajari
c. Siswa dalam kelompok menggrimkan
anggotanya ke kelompok lain untuk menyampakan apa yang mereka pelajari di
kelompok
d. Guru mengamati, menjawab pertanyaan, dan membimbing siswa atau
kelompok yang masih ada kesulitan.
e. Siswa menyimpulkan tentang hasil diskusi
f. Perwakilan masing-masing kelompok menyampaikan hasil (presentasi)
diskusinya dan kesimpulannya dengan tata bahasa yang benar.
g. Guru mengamati penyampaian hasil diskusi dan meminta kelompok lain
menjadi penyanggah. Kemudian Kelompok penyaji menanggapi, mencatat, dan
menjawab setiap pertanyaan dari kelompok lain.
h. Guru memberikan apresiasi kepada kelompok penyaji dan kelompok
lain yang berpartisipasi aktif. Selanjutnya, guru memberikan penegasan pada
setiap pokok materi bahasan hasil diskusi.
3. Kegiatan
Penutup (15 menit)
a. Bersama siswa menyimpulkan tentang kebebasan pers,aktor penyebab kesalhgunaan kebebasan pers,dampak
negatip dan positip penyalahgunaan kebebasan pers, serta manaat media massa
b. Melaksanakan evaluasi pembelajaran
c. Memberikan tugas membaca
materi selanjutnya untuk pertemuan yang akan datang.
d. Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.
J. Penilaian
Hasil Pembelajaran
1. Jenis Tagihan :
Tugas kelompok
2. Alat ukur :
Tes Tulis
3. Bentuk : Pilihan Ganda
4. Instrumen Penilaian Kognitif
5. Instrumen Penilaian Sikap
|
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|||
|
Mengajukan
Pertanyaan
|
Mengajukan
Pendapat
|
Menggunakan
Bahasa Baku
|
Menerima
Perbedaan
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
1. Kurang =
1 Nilai = (Jumlah Skor
Perolehan : 12) X 100
2. Baik =
2
3. Sangat BaikNilai =
3
6. Instrumen Penilaian Keterampilan :
Penilaian Proyek
Menyusun
laporan tentang
contoh senyawa karbon yang ada dalam kehidupan
sehari-hari.
|
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|||
|
Topik
|
Relevansi
|
Asli
|
Inovasi
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
1. Kurang =
1 Nilai = (Jumlah Skor
Perolehan : 12) X 100
2. Baik =
2
3. Sangat BaikNilai =
3
Catatan Supervisi
:
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
15
November 2016
Comments
Post a Comment